Tutorial Instalasi Laravel 9 - Part #1

Tutorial Instalasi Laravel 9 - Part #1

Blog Single

Tutorial Laravel 9 - Part #1 – Instalasi

Halo teman-teman semuanya, , Apakah kalian baru banget mau belajar framework Laravel?  pada kesempatan kali ini kita akan mulai belajar instalasi Laravel 9 di komputer kita. Yuk, silakan disimak langkah-langkahnya.

Sebelum kita memulai membuat project baru dengan Laravel 9, pastikan teman-teman sudah memiliki Composer yang telah terinstall di dalam komputer-nya. Karena kita akan memanfaatkan Composer untuk membuat projecr di Laravel menggunakan perintah composer create-project

Jika teman-teman belum melakukan installasi Composer, silahkan bisa mengikuti instruksi dari situs resminya. Silahkan disesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan.

 

Step 1 Persiapan 

Installation - Windows : https://getcomposer.org/doc/00-intro.md#installation-windows

Untuk mengetahui apakah Composer berhasil terinstall, kita bisa menjalankan perintah berikut ini di dalam terminal/CMD :

Composer

Jika perintah di atas berhasil dijalankan, maka kita akan mendapati hasil yang kurang lebih seperti berikut ini :

Step 2 Instalasi Laravel 9

Karena Composer sudah berhasil terinstall, maka selanjutnya kita bisa dengan mudah memulai membuat project Laravel 9 menggunakan Composer. 

Karena Composer sudah berhasil terinstall, maka selanjutnya kita bisa dengan mudah memulai membuat project Laravel 9 menggunakan Composer.
selanjutnya arahkan directory untuk penyimpanan projek yang akan kita buat, disini saya  menggunakan windows dan menyimpan projek  belajara-laravel di data C:\xampp\htdocs. Jika teman-teman sama menggunakan windows, ikut perintah mengalihkan folder directory melalui CMD dengan perintah berikut. 

C:\Users\HERMANTO>cd C:\xampp\htdocs 
Selanjutnya Perintah dibawah ini akan membuat project Laravel baru dengan versi laravel 9.0 dan bernama belajar-laravel 

composer create-project laravel/laravel:^9.0 belajar-laravel

Perintah di atas akan membuat laravel project baru dengan nama belajar-laravel. Jika tidak ada masalah saat eksekusi maka terminal akan menampilkan progress instalasi seperti berikut:

Tunggu sampai proses selesai.

Step 3 - Konfigurasi Koneksi Database

Untuk konfigurasi database dapat disesuaikan dengan kebutuhan dengan mengubah file .env yang ada di root folder project kita. Secara default Laravel menggunakan database MySQL. Ini adalah tampilan .env di project laravel kita:

Silahkan buka file .env, kemudian cari kode berikut ini :

Kemudian ubah menjadi seperti berikut ini:

Di atas, kita atur untuk DB_DATABASE menggunakan db_belajarlaravel Itu merupakan nama database yang akan kita gunakan nantinya.

Dan untuk DB_USERNAME dan DB_PASSWORD silahkan sesuaikan dengan  konfigurasi  dari MYSQL-nya Masing-masing  menggunakan XAMPP, maka  default untuk DB_USERNAME adalah root dan DB_PASSWORD adalah kosong /tidak  perlu diisi.

Step 4– Membuat Database

Setelah berhasil melakukan konfigurasi Database, selanjutnya kita membuat database-nya di dalam MySQL. Silahkan buka http://localhost/phpmyadmin, kemudian buat database baru dengan nama db_belajarlaravel

 

Step 5– Menjalankan Project

Langkah terakhir adalah menjalankan project Laravel kita di terminal dengan perintah:

php artisan serve

Kemudian buka browser dan akses halaman http://localhost:8000, maka akan tampil halaman depan dari framework Laravel 9 seperti berikut. Selamat mencoba!

 

Share and Enjoy !

Komentar

Komentar